Prilaku Kita Biasanya Hasil Dari Kondisi Kita

June 8th, 2013

Suatu kondisi tertentu dapat memotivasi kita untuk berprilaku yang berbeda. Motivasi bisa sangat merugikan ketika kita kurang dapat memahami apa yang menciptakan kondisi kita sehingga melahirkan suatu motivasi. Jadi, motivasi itu tidak selalu dapat membawa kebaikan, tergantung apa yang menciptakannya, yang melatar-belakangi motivasi tersebut.

Kondisi baik misalnya ketika kita sedang gembira, ketika kita sedang santai dan merasa berhasil dan bersyukur. Dalam kondisi seperti ini prilaku kita cenderung untuk baik juga. Sedangkan kondisi buruk mungkin terjadi misalnya karena seseorang menghina kita atau mengkhianati janji dengan kita. Namun kondisi kita lebih sering dibentuk oleh faktor yang terjadi diluar kita. Jika kita kurang memahaminya maka prilaku kita akan sering terombang karena kondisi tersebut. Padahal kita punya kemampuan untuk hanya berprilaku terbaik dalam setiap kondisi.

Ada kalanya atau bahkan sering kita sangat sulit untuk memilih prilaku yang sebenarnya paling kita inginkan, malah sebaliknya kita sering melakukan apa yang sebenarnya tidak kita inginkan, karena itulah kemudian timbul apa yang disebut sebagai penyesalan. Kesulitan akan lebih mudah dapat diselesaikan dengan baik jika kita punya motivasi yang sangat kuat untuk melakukan perbaikan prilaku.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah sebenarnya yang menghasilkan kondisi kita tersebut? Apa yang menghasilkan kondisi baik dan apa yang menghasilkan kondisi jelek?

Yang menghasilkan kondisi kita Yang pertama adalah referensi internal kita tentang sesuatu, dan yang kedua adalah kondisi dan penggunaaan fisiologi kita.

Apa dan bagaimana anda membayangkan segalanya, serta apa dan bagaimana mengucapkan segalanya kepada diri sendiri tentang situasi yang ada, menciptakan kondisi Anda dan oleh karenanya juga prilaku yang anda hasilkan. Umpamanya, bagaimanakah anda memperlakukan pasangan atau pacar anda ketika ia pulang lebih lambat dari pada janjinya ? Nah, prilaku anda akan sangat tergantung pada kondisi Anda ketika orang yang anda kasihi itu pulang, dan kondisi Anda, hingga tingakatan yang besar, ditentukan oleh apa yang selama ini anda representasikan dalam benak anda soal alasan keterlambatannya itu.

Seandainya selama berjam-jam Anda membayangkan orang yang anda perdulikan itu mengalami kecelakaan, berdarah-darah, mati, atau dirawat di rumahsakit, begitu ia masuk, Anda mungkin menyambutnya dengan air mata atau nafas lega, atau rangkulan erat dan pertanyaan tentang apa yang terjadi. Prilaku itu keluar dari kondisi prihatin.

Tetapi, seandainya Anda bayangkan orang yang anda kasihi itu berselingkuh, atau seandainya anda bertahu diri sendiri berulang-ulang bahwa ia terlambat hanya karena ia tidak perduli soal waktu dan perasaan Anda, maka ketika ia pulang, Anda akan memberinya sambutan yang jauh berbeda akibat kondisi Anda itu. Dari kondisi MARAH atau merasa DIKERJAIN, keluarlah prilaku-prilaku yang sama sekali lain.

Bagaimana Anda akan menyikapi kondisi jelek di masa datang untuk menghasilkan perbedaan, sehingga semuanya positif untuk Anda? Apakah Anda hanya akan bertindak dan berprilaku hanya berdasarkan kondisi saat itu? Atau Anda akan mencoba untuk berprilaku yang paling menguntungkan walapun kondisi saat itu kurang menguntungkan Anda?



Artikel Terkait:

Motivasi Agar Kita Bisa Mengendalikan Kondisi Kita
Dengan motivasi yang sangat kuat maka kita bisa memilih kondisi yang kita inginkan dan membuat jauh lebih banyak perbedaan. Mari kita coba memahami kondisi kita, karena dengan memahami, memilih dan...

Perkuat Motivasi Dengan Cara Merasa Terpaksa
Memperkuat Motivasi Dengan Cara Merasa Terpaksa ini memang bisa dikerjakan oleh siapa saja yang pandai bermain rasa, seakan terpaksa, karena secara alami manusia itu banyak sekali dan besar sekali...

Cepat Bisa Bahasa Inggris Kalau Terpaksa
Cara yang alami agar cepat bisa bahasa inggris memanglah jurus berani bisa bahasa inggris, tetapi bagaimana agar kita menjadi berani itu? Apalagi jawabnya selain kalau kita sedang terpaksa? Jika kita...

Menjalani Hidup Dengan Penuh Motivasi
Orang yang menjalani hidupnya dengan penuh motivasi hampir selalu hidup lebih hidup. Jika orang ini berbisnis maka hampir selalu bisnisnya sukses, jika ia menjalankan multi level marketing maka...

Bisnis Online Sepi Hati Senang Ramai Apalagi
Ketika bisnis online sedang sepi namun hati tetap senang, tidak menggerutu, tidak mengeluh, motivasi tetap tinggi, raga tetap bernergi. Kan lebih sip begitu, dibandingkan dengan bisnis online sedang...



Baca Juga:

Yuk Kita Belajar Bahasa Inggris
Kalo berbeda cara beda pula hasilnya dalam mempelajari itu.

Kerja Online Dari Rumah
Anda sedang mengupayakan penghasilan tambahan? ini situs yang lengkap tentang hal tersebut.

Sidoarjo usaha yang bisa digarap dari rumah
Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha rumahan di kota Sidoarjo monggo temukan di iklansidoarjo.com rekans.

«
»

Prilaku Kita Biasanya Hasil Dari Kondisi Kita
Bookmark and Share

Penghasilan 24 Jam
Foredi